Management Class-Departemen of Management, College of Economics and Management, Bogor Agricultural University

Dosen: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc

Have a problem? Or too much problems?

Yaa, semua orang pasti punya masalah. Pasti. Begitu juga dengan saya hehe.

Masalah saya yang tidak hilang-hilang sampai sekarang yaitu:

MANAJEMEN WAKTU

Dan itu sangat berpengaruh ke hal-hal lainnya mulai dari yang sederhana seperti pola makan sampai ke amanah-amanah yang besar tanggung jawabnya. Entah kenapa yang namanya mengatur waktu itu sangat susah ya. Niat untuk  berubah selalu ada. Rancangan-rancangan, catatan, serta jadwal harian pun sudah dibuat.

Namun, dalam PELAKSANAANNYA, hal kedua yang menjadi masalah adalah:

bisa KONSISTEN.

Meskipun rancangan yang sudah dibuat  itu sangat bagus dan masuk akal, kalau tidak konsisten maka hancurlah semua. Kadang semangat untuk menjalankannya hanya di awal. Beberapa lama semakin memudar dan akhirnya kacau balau.

Kenapa bisa begitu?

Hmm mungkin itu karena kemauan kita yang kurang kuat. atau mudah terbawa suasana sehingga apa yang sudah kita rencanakan menjadi berubah total alurnya.

Solusinya, sebenarnya sudah sering dikatakan oleh orang:

“Warnailah dunia, jangan biarkan dunia mewarnaimu”

Sebelum mengubah dunia, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah dirimu, memperbaiki dirimu..

Kita harus bisa mengendalikan setiap kondisi yang kita hadapi, jangan dikendalikan oleh situasi tersebut. Memang sulit. Tapi bukan berarti tidak bisa. Sulit dan tidak bisa itu berbeda :)

Kemudian menentukan prioritas. Tetapkan apa yang paling penting dalam hidupmu, yang penting setelah itu, dan seterusnya. Dahulukan yang utama, tempatkan di prioritas teratas. Urutkan tujuan-tujuan dari yang paling kecil sampai tujuan besar. Tujuan besarmu akan tercapai setelah beberapa tujuan kecilmu berhasil diwujudkan.

Pegang dan jalankan apa yang sudah menjadi prinsipmu. Patuhilah apa yang sudah kamu tetapkan, disiplinlah pada diri sendiri, tanggung jawablah pada setiap keputusanmu, dan hargailah dirimu sendiri..

Jangan selalu berpikir tidak bisa, karena setiap masalah yang kamu alami tidak akan lebih besar dari kemampuanmu untuk memecahkannya. Kalau kamu memutuskan kamu tidak bisa, itu artinya kamu tidak menghargai dirimu, kamu tidak memberikan kepercayaan kepada dirimu sendiri, tidak memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berjuang menemukan jalan keluar dari masalah yang kamu hadapi.

Jadi, percayalah pada diri sendiri  n_n