pernah nggak ngerasa kesel karna temenlu sendiri gamau diajak kerjasama pas ujian? bahkan di saat lu bener-bener udah buntu dan serasa pengen garuk garuk lantai gara-gara ga bisa ngejawab soal yang entah datangnya dari mana itu, dan hatilu udah teriak-teriak minta tolong tapi si temenlu itu tetep aja ga mau dan nggak bergerak sedikit pun buat nolonginlu.
what the banget ga sih?

heeeey tolong yaaa yang di sebelah sana lu tuh temen apa bukan sih? gw butuh bantuaaaaaaan hell-oooo ngajak musuhan banget sih ini orang pelitnya ngga ketulungan. belagu banget. udah nggak butuh temen kali ya, udah bisa ngerjain semuanya sendiri –” gue temenlu woooi temenlu!!
#emosi tingkat dewa

yaaaa gw akui itu memang MENYEBALKAN dan menyakitkan

tapi percaya atau ngga, gw juga pernah kok jadi orang yang mungkin menurut sebagian orang menyebalkan itu, bahkan mungkiin bakal gw terusin. hehe.

mau tau kenapa?
oke, gw bukan anak yang jenius. gw juga bukan orang yang selalu benar-benar siap beberapa saat sebelum ujian. bukan anak yang sangat rajin dan pintar dan tahu segalanya. gw bukan juga orang yang cepet ngerti sesuatu abis dijelasin. gw juga bukan orang yang suka cari musuh atau betah kalo ada orang yang kesel sama gw. justru gw takut banget kalo ada orang yang marah sama gw..

gw itu, kalo nggak bener-bener belajar, ya ngga bisa. kalo ngga rajin, artinya gw cari mati urusan nilai. #daidai aja kalo kata en-gil mah haha

terus kenapa lu masih berani sok-sok-an gamau nyontek dan gamau kerjasama sih tan? GAYA banget yaa hiduplu! sok suci -.-

gw juga pernah kok berharap bantuan dari temen. tapi akhirnya udah nggak lagi lagi sejak kelas 3 sma. hahaha gw memutuskan untuk tobat (?)

gw berprinsip buat selalu JUJUR dalam keadaan apa pun. Pengecualian kalo buat ngisengin orang :p

Yah bismillah gw jalanin aja. Nilai ulangan gw nggak jadi lebih baik atau lebih buruk kok. itu cuma bergantung sama seberapa besar usaha gw aja untuk nyiapinnya. tapi —entah kenapa— gw jadi ngerasa lebih nyaman. entah kenapa gw selalu ngerasa ada yang ngebantu dalam setiap ujian dan ngedukung gw untuk tetep kekeuh buat megang prinsip gw :)

Gw bukan gamau bantu temen yang kesusahan, ngga sama sekali. tapi semua ada tempat dan waktu yang tepat :3
kalau ada yang bener-bener butuh bantuan, minta ajarin atau belajar bareng. KALAU gw BISA, insya Allah gw bantu kok. tapi ya sebelum waktunya ujianlah. Kalau masalah pr atau tugas juga gw masih mau kok berbagi hehe.

Jadi, jangan pernah ber-suudzon sama orang lain. Semua orang ngelakuin sesuatu pasti ada alasannya. Mereka (yang nyebelin itu loh yang pelit pas ujian ituuuu tuh) juga kalau diminta tolong di waktu dan tempat yang pas juga pasti mau kok. mereka pengen temennya juga belajar, juga ngerti materi yang di-ujian-kan. karna tujuan awal sebenernya kita sekolah/kuliah kan buat dapet ilmu, bukan buat dapet nilai bagus lewat ujian. masalah nilai, ya itu bonuslah penghargaan buat mereka yang emang pantes dapet penghargaan itu.

jangan pernah berharap segala sesuatu yang instan. semua ada prosesnya. mie instan aja kalo mau dimakan harus dibuka dulu bungkusnya, rebus air dulu, terus dimasak, diwadahin, baru deh bisa dimakan :9

perlahan tapi pasti itu jauh lebih baik loh daripada sangat cepat tapi ga pasti dan cepet juga dilupainnya. itu lah belajar. modul kalo dibaca sekilas yaa iya sih cepet, tapi nempelnya juga sekilas dan cepet lupa juga :p
kalo mau bener-bener nempel + ngerti sampe ke akar-akarnya juga belajarnya harus bener-bener maksimal sampe nangis darah muhuhahaha :] buat ngedapetin sesuatu yang besar ya harus dengan pengorbanan yang besar. Hidup itu adil kok. dan kita juga punya Tuhan yang Maha Adil n_n

berat ya? emang berat. perubahan buat jadi lebih baik itu emang susah, banyak godaannya.tapi susah itu bukan berarti ngga bisa :D kalau ada kemauan pasti ada jalan.

1 lagi pelajaran yang bisa kita ambil, teman itu bukan orang yang selalu memenuhi keinginan kita dan selalu mendukung kita. tetapi teman yang baik itu adalah dia yang bisa dan berani bilang iya kalau itu benar dan nggak kalau emang itu salah. karena teman itu pengen temennnya selalu ada di jalan yang benar, dan ia pengen ngeliat temennya bener-bener ngerasain nikmatnya mendapat kesuksesan lewat jerih payahnya sendiri. karena kesuksesan itu bakalan ‘sesuatu’ banget rasanya kalo usahanya juga sesuatu banget haha.

ayo berubah. *berubah taaaaaaaaaan! jangan males-malesan terus–”

see yaaa on the next happy exam !
\(n_n)/