baru baca lagi postingan gw yang ini. yang dibuat hampir setahun yang lalu :]

tentang MPD

gw yakin selalu ada. iya pasti selalu ada manfaat yang bisa gw dapet dari mpd itu. gw kenal banyak temen baru, kakak kakak kelas, masih banyak lagi. dan yang paling penting :

PENGALAMAN yang ngga akan bakal bisa gw ulang sekali pun gw berhasil jungkir balik sampe menara eiffel.

perjuangan melewati masa-masa perkenalan departemen bersama pixel-pexel yang lain :3

mulai bulan juli sampai sekitar agustus tahun lalu gw udah ngelewatin masa-masa itu sebagai peserta. Alhamdulillah ngga ada yang kelewat. dan gw nggak nyesel kok ngikutin semua rangkaian acaranya.

CAPEK?   iyaaaa!

tapi menyenangkan kok :D justru kalo ngga ada capenya ngga seru kayanya haha

dan nggak kerasa banget sebentar lagi udah mau MPD buat angkatan 48. gw bakalan ketemu lagi sama yang namanya mpd. wow. di posisi yang berbeda tentunya.

hmm yaa emang kadang apa yang kita harapkan nggak sesuai sama apa yang kita inginkan. oke, itu kalimat standar yang sering muncul dimana-mana. tapi siapa yang bisa bilang kalo pernyataan itu salah?

gw rasa semuanya setuju (sotau) haha

kalo boleh jujur, acara ini termasuk salah satu moment yang gw tunggu. karena di situ gw bakal ngerasain perjuangan dengan temen-temen seangkatan gw lagi. namun kali ini peranannya beda-beda tiap orang. kalo dulu kita bareng-bareng ngerjain tugas dan ngikutin rangkaian acara yang sama sebagai peserta. kali ini kita punya tugas yang berbeda-beda tiap orangnya. tapi tujuan kita sama bukan? bikin acaranya jadi sukses :D

Awalnya, gw pengen ditempatin di divisi A atau B. gw isi form. gw pilihlah 2 pilihan itu. dan gw mencoret option bersedia dipindahkan. jadi intinya ga ada pindah-pindah.

haaa jujur aja gw emang pengen banget ada di divisi A, kalo ngga bisa ya di B untuk event yang satu ini. hha.

yang namanya staffing, gw percaya kalo itu selalu nggak bakal semudah yang dibayangkan. karna gw juga pernah mengalami.

dan… ternyata emang nggak selalu yang kita harapkan berjalan sesuai keinginan.

Bukan cuma gw, dalam hal ini temen-temen gw juga banyak yang ngalamin. Tadinya gw mikir-mikir pas ditanyain mau ngga tan kalo ditaro di posisi X.

awalnya gw mikir: “aaaaagh aduh mau ngga ya? gw ngga mauuuuuu…”

tapi setelah gw mikir agak lama lagi..

gw pikir lagi sebenernya apa sih tujuan gw ikut serta di acara ini? tujuan gw udah bener belum? kalo tujuan gw udah bener, harusnya gw siap ditempatin dimanapun. karna dimanapun itu, posisi apapun itu, apapun tugasnya, SEMUANYA PENTING.

Entah itu menduduki tingkatan paling atas dalam hierarki, entah itu paling bawah. gini deh contoh sederhananya:

hmm manajer itu nggak akan bisa ngehasilin apa-apa kalo ngga ada pekerja, dan pekerjaan si pekerja bakalan kacau kalo ngga ada yang megkoordinir.

Akhirnya, yaudahlah gw meng-iya-kan permintaan itu. Daaan setelah gw iya-kan, muncul pertanyaan baru:

“Mau jadi X atau Y tan?”

Kalo gw boleh egois, mungkin gw bakalan pertahanin kemauan gw .___.

Aduh. Ya Allah. Oke, gw harus lurusin niat. Akhirnya gw memutuskan untuk nerima posisi mana aja hahahahahaha. Yang lebih dibutuhin dimana deh. gitu.

Gw tau tiap orang beda-beda. punya cara pikir yang berbeda, sifat yang berbeda, kepribadian yang berbeda. karna kepala mereka juga beda-beda, apalagi isinya haha. kalo semuanya sama ngga bakal berkembang deh ini dunia.

Susunan kepanitiaan yang akhirnya selesai ini.

Ini nggak main-main. meskipun gw nggak ikut turun dalam proses pembentukannya, gw yakin semuanya udah disusun dengan baik. melalui berbagai macam pertimbangan. nggak asal. kenapa?

karena ini bukan acara yang main-main. INI ACARA PENTING :)

gw yakin semua orang berpotensi. ngga ada yang ngga bisa. ngga ada yang lebih baik atau lebih buruk. dan gw yakin semua orang bisa berubah :]

karna ini acara mpd, iya menurut gw wajar kalo yang jadi bahan acuannya itu mpd tahun lalu.

kenapa?

gw nggak bakal nyalahin orang-orang yang bilang kalo nilai orang itu jangan cuma dari satu kejadian, apalagi yang udah lewat. gw setuju kok.

tapi, coba bayangin deh. di saat lu ada di posisi Z. dan tugsalu adalah mengajak dan membimbing adik-adik angkatan baru untuk ikut MPD. suatu saat, ada salah 1 adik kita yang nanya: “Kak, emang MPD penting ya? buat apa sih? emang harus semua rangkaian acaranya diikutin?”

Jawaban kita apa?

mungkin jawabannya beda-beda. kalo gw sih bakal jawab iya penting banget. krana di mpd ini lah awal dari semuanya. awal memasuki dunia ilkom. dimana lu bisa ngenal temen-temenlu, kakak-kakaklu, dosen, dan tentunya ini kegiatan di mana lu bisa dapetin banyak hal yang nggak bakal lu dapet di dunia perkuliahan nantinya. Hal-hal yang bakal ngingetin lu lagi tentang pentingnya kerja sama, kerja keras, saling menghargai, tolong-menolong, peduli, inisiatif, disiplin, dan banyak lagi. Dimana lu harus sadar kalo di sini tuh lu nggak sendiri. Lu nggak boleh egois, dan lu selalu punya temen kalo butuh bantuan :)

Lagian kalo acara ini emang nggak penting, buat apa lu mau repot-repot jadi panitia? cape-cape ngurusin ini itu, rapat, dan sebagainya. cuma dapet capenya doang kan kalo acarnya ngga ada manfaatnya? buat apa lu susah-susah ngurusin acara ini kalo lu bilang ke pesertanya ngga usah dateng? mendingan ngga usah ngadain acaranya aja atuh itu mah hahaha.

Nah, kalo ada adik kelas yang ngomong gini gimana :

“Oh, penting banget ya kaak? Tapi kok denger-denger katanya taun lalu kaka ngga ikut mpd ya? bukannya penting.”

Nah loh mau jawab apa? hhe

Itu lah pentingnya contoh. bayangin deh kalo kita di posisi si anak baru itu. kita dimarahin kaka kelas karna ngga ikutan mpd, padahal si kaka itu waktu itu ngga ikut mpd. bete nggak? hehe

iya gw tau tiap orang bisa berubah. bisa aja mungkin gw ngga ikut taun lalu, tapi sekarang gw semangat banget jadi panitia karena gw ngerasa bersalah dan gw udah sadar kalo ternyata acara ini penting. gw ikut turun karena gw nggak mau kejadian yang terjadi sama gw, keulang di angkatan selanjutnya.gw ngga pengen mereka bernasib sama kaya gw.  gw pengen angkatan di bawah gw jauuuh lebih baik dari gw. gw mau mereka semua bisa ngerasain serunya acara ini bareng-bareng tanpa kurang 1 orang pun.

nggak mustahil kan?

yang penting sekarang, di posisi apapun itu. coba manfaatin dengan baik. lurusin niat. dan suksesin acaranya :D

kalo emang ada yang kerasa berat, atau masih belum sesuai keinginan dan ada beberapa alesan yang emang ngga bisa diterima atau ngga masuk akal. coba diomongin baik-baik. apa kendalanya apa masalahnya. kalo diomongin baik-baik pasti ada jalan keluarnya. dan kalo ngga ada yang mulai ngomong, masalahnya nggak akan beres. abis itu kan bisa nentuin solusinya bareng-bareeeeeeng hehe. jadi semuanya bisa ngejalanin amanahnya dengan ikhlas dan tanpa beban :3

cemunguuuuuud pixels \(n,n)/

tunjukin dong kalo kita pixel-pixel yang kompak :D