Random Moment

I just want to say that I enjoy surfing through this thing, understanding the world from other perspectives, experiences, or feelings.

Ternyata sesuatu yang terlihat biasa saja, misalnya pas kita lagi ngenet, klik ini itu, jalanin macem macem aplikasi di laptop, ternyata dibaliknya terdapat proses yang rumit ya.

Harus berterima kasih sama laptop yang karena ternyata di dalamnya ada tingkatan kernel mode, system call, operating system, system program, dan application program-nya, jadi akhirnya bisa ngejalanin browser di sini deh. Harus berterima kasih juga sama jaringan internet atas model client-server-nya, yang selalu membuat thread-thread baru saat ada request akses, trus dijalankan secara konkuren, jadi bisa me-load gambar, menampilkan teks, dan melakukan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Ada yang bilang CPU itu emang dirancang untuk sibuk. Katanya semakin banyak proses yang dijalankan, memang makin banyak hal yang harus dieksekusi, tapi itu yang membuat utilitasnya bertambah dan menjadi lebih berguna. Sama aja kayak manusia. Semakin banyak pekerjaan yang dilakukan, mungkin memang waktu kosongnya semakin berkurang, tapi utilitas dirinya semakin meningkat.

Random sekali sih ya ini yang ditulis. Tapi emang begitu kata Bapaknya.

(Inspired by Operating System Concepts, 4th Semester)

(reblog from ica aldyra)