belakangan hari kemaren, anak anak pixel lagi disibukin sama yang namannya projek kuliah dan praktikum. 2 mata kuliah, orkom dan basdat. tapi yang orkom projeknya kebagi 2 sama kuliah dan praktikum.

dan gueee, termasuk orang yang paling nyantai sedunia -_-

bukan karna gw mastah, tapi gw terlalu payah dan suka nunda-nunda pekerjaan. ngumpulin projek selalu mepet-mepet deadline. Alhasil, gw sukses ngorbanin 1 kelas kuliah basprog dan 1 kelas kuliah TBO.

ini dia hasil menggila project:

1. Game DomoKitty (Praktikum Organisasi Komputer)

Berawal dari game tic tac toe yang akhirnya ngga jadi karna udah dipake sama dika dan yuda. Akhirnya ada masukan dari temen gw buat bikin game catur jawa dan dia pun siap membantu. Big thanks for my partner, fildza novadiwanti :D dan makasih juga buat pekmen, temen 1 pixel yang udah banyak bantu gw dan iza dalam pengerjannya. makasih banget banget bangeeeeet. maaf ya kami merepotkaan hehe.

2. Database berbasis web (Kuliah basis data)

Di sini kelompok gw memilih untuk bikin database berbasis web. Jadi semacam toko online gitu. Sekalian buat ngembangin usaha bisnis kue yang udah dijalanin nyokap gw. Hasil akhirnya emang belum maksimal, masih ada beberapa yang belum bisa dijalanin. Seperti: gambar pada tiap produk di shopping cartnya nggak muncul, dan sebagainya.

oya, karna ini pakenya localhost. jadi belum bisa dibuka lewat internet. nanti kalo udah jadi insya Allah dibikin hostingannya

Makasih buat sintya rosdwianty, nur endah setiani, dan avita unaiya, rekan 1 tim gw :]

mungkin hasilnya emang kurang maksimal, tapi kayanya gw harus semangat buat ngelanjutin web ini supaya bisa dipake beneran. Doain yaaa teman temaaan :D

3. Animasi dengan Flash: Branching (Kuliah Organisasi Komputer)

Ini paling gila! gw baru bikin saat hari itu juga harus udah dikumpulin. Sebenernya udah mulai bikin dari beberapa hari sebelumnya, tapi itu baru openingnya aja. Belum masuk ke materinya. Gw dan si bocah kelamaan di nentuin topik dan ngertiin materinya. Awalnya kami udah dapet 1 topik, tentang Graph Coloring. udah bikin konsepnya malah. tapi, ada semuanya hancur saat ada tulisan “Ini bukan materi orkom” di atas kertas progress report projek kuliah orkom gw dan iza.

-___________-

akhirnya, setelah nyari-nyari dan nyocokin sama temen-temen yang lain biar topiknya beda, gw dapet topik BRANCHING, lanjutan dari pipelining.

Rabu, 6 Juni 2012. Paginya baru mulai ngelanjutin lagi projek ini. emang paling nyantai seduniaaaa! padahal siang ada kuliah TBO dan sorenya projek itu dikumpulin. Akhirnya gw dan iza pun ga ikut kuliah TBO. muehehe. Dan karbna gw belum ngerti flash, belum sering make flash, akhirnya gw bikin seadanya dan sebisanya. hasilnya sepertinya agak berantakan. dan mungkin beberapa orang kurang nangkep materinya. haha.

Ya, walaupun banyak kekurangan dalam first project gw di ilkom, banyak hikmah yang bisa gw ambil.

Jangan menyepelekan apapun, apalagi project. Harus bisa jadi orang yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Harus bisa jadi anggota tim yang baik dan menciptakan tim yang baik. ga boleh nunda-nunda. malu bertanya sesat di jalan. ga ada yang ga mungkin. kalo ada usaha, pasti ada jalan.

dan.. sepertinya gw pengen belajar lebih dalam tentang web dan flash :D

terus gimana dengan ngoding hey anak ilkom? ehmm.. entah kenapa sampai saat ini gw belum bener-bener dapetin feelnya .__.

btw, web kan juga pake ngoding :p