Ini desain poster yang gue bikin sekitar 2 bulan yang lalu buat ngikutin salah satu lomba. tapi ga menang haha.

Iya soalnya menurut gue emang masih gagal ini bikinnyaaa. Benang-benangnya rada-rada maksa gitu. Oke gapapaa sambil belajar hehe.

Jadi, gue jelasin deskripsinya aja yaaa semoga bermanfaat :3

Bayangin kita punya beberapa atau bahkan banyak masalah yang rumit. Semuanya bercampur aduk kacau balau di pikiran kita. Masalah yang satu belum selesai, udah dateng masalah lain. Itu benang-benang kusut yang gue maksud di sini.

Buat ngurainnya emang pasti nggak gampang kan? Apalagi kalau benangnya makin banyak, kusutnya makin nggak karuan. Pasti lebih susah lagi buat ngelurusinnya. Perlu kesabaran ekstra buat ngurainnya, perlu waktu lebih lama, perlu ketelitian lebih, dan konsentrasi tinggi.

Yaa itu sama aja sama masalah-masalah yang dateng ke kehidupan kita. Semakin banyak semakin berat dan mumet masalah-masalah itu, pastinya butuh waktu lebih lama, kesabaran, konsentrasi, ketelitian lebih dari biasanya buat nyelesain semuanya. Rintangannya pasti lebih wow. Gak gampang. Itu pasti.

Terus apa yang kita butuhin? Gue rasa kalo kita mau berpikir jernih, semuanya udah diatur bukan di tuntunan agama kita? Gimana Islam ngajarin kita buat selalu bersikap tenang buat ngehadepin semuanya, selalu ngingetin kita kalau kita punya Allah. Ngasitau kita kalau Dia NGGAK AKAN PERNAH menguji hamba-Nya di luar batas kemampuan mereka. Dan kalau emang mau, Allah udah nyiptain begitu banyak makhluk, begitu banyak manusia di sekeliling kita yang Insya Allah lewat orang-orang itu Dia  bakal bantuin kita buat nemuin jalan keluarnya. Tapi 1 hal,

Dia nggak akan ngubah keadaan suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang berusaha mengubahnya.

Pertolongan-Nya itu pasti ada. Tapi harus ada USAHA. Semuanya ga akan terjadi gitu aja tanpa ada usaha. Sama aja kaya misalnya kita mau makan. Oke mungkin buat saat ini kita nggak perlu nyari uang buat beli bahan makanan. Tapi itu yang dilakukan sama orangtua kita kan? Ada usahanya. Ketika makanan itu udah tersedia, kita juga nggak bisa santai-santai gitu aja buat ngedapetin makanannya. Minimal kita mesti jalan, ngambil piring, dan sebagainya. Even di restoran sekalipun, kita harus mesen dulu kan ke pelayannya. Jadi, semuanya, sekecil apapun, butuh usaha. Ya kalau sesuatu itu semakin besar, pasti usahanya juga harus lebih besar kan, pengorbanannya makin tinggi.

Dan itu semua ada bukan di Alquran? kita nggak perlu susah-susah nyari referensi. Semuanya udah dijelasin di kitab suci umat Islam. Semua solusinya ada di situ. Cuma perlu keyakinan, usaha, serta niat dan tekad yang kuat. Kalau kita yakin Dia selalu ada buat kita, seberat apapun segalanya yang kita hadapi, pasti kita akan yakin juga kalau semuanya pasti beres. Meskipun itu  butuh waktu yang ga sedikit.