lakukan semuanya seolah-olah hari ini adalah saat dimana gue untuk terakhir kalinya bisa beraktivitas. seolah-olah terakhir kalinya gue bisa ketemu orang-orang. terakhir kalinya gue bisa belajar. terakhir kalinya gue bisa bantu orang. terakhir kalinya gue bisa makan. terakhir kalinya gue bisa ngelakuin apa yang gue mau. terakhir kalinya bisa meminta maaf. terakhir kalinya bisa ngucapin terimakasih.

terakhir kalinya gue bisa ngomong. terakhir kalinya gue bisa denger. terakhir kalinya gue bisa liat. bisa jalan. bisa menggunakan kedua tangan gue. bisa menghirup udara. bisa merasakan panas. dingin. sehat. sakit

terakhir kalinya gue bisa ngewujudin apa yang gue pengen. apa yang orang-orang pengen. terakhir kalinya gue bisa bikin orang seneng. terakhir kalinya bisa bikin orang tua gue bangga. terakhir kalinya bisa berguna buat diri gue, agama gue, negara gue, dan orang lain. semuanya. terakhir kalinya.

ya. terakhir kalinya.

yang  semoga bisa jadi jalan buat nganterin gue ke surga

***

do everythings as well as you can. right things. things right.  right way.

karna bisa jadi, saat ini emang bener-bener yang terakhir kalinya.