Mungkin banyak orang (apalagi yang bergelut di bidang IT) yang udah nggak asing lagi sama kata “Framework

Apa itu framework?

Mungkin gue salah satu anak Ilkom yang telat banget bahas kaya ginian haha.

 

Framework itu adalah  koleksi atau kumpulan potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga  dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa framework adalah kumpulan fungsi (libraries)

Programmer tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi (biasanya disebut kumpulan library) dari awal, kita tinggal memanggil kumpulan library atau fungsi yang sudah ada di dalam framerwork. Tentunya cara menggunakan fungsi-fungsi itu sudah ditentukan oleh framework.

 

Jadi kalo kita pengen bikin suatu software, kita nggak harus bener-bener memulai semuanya dari awal. Framework bakal bantuin kita untuk membuat semuanya lebih cepat dan mudah :]

Di situ ada fungsi-fungsi yang bisa kita pake. Biasanya memang isinya kumpulan fungsi (library) yang sering digunakan.

 

Beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS (XSS filtering), template, kompresi, XML dan lain-lain.

Saat ini banyak framework berbasis PHP, diantaranya yang populer adalah Zend Framework, Symphony, Prado, CakePHP, dan CodeIgniter. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya mengenai CodeIgniterframework yang telah ada pada umumnya menggunakan konsep MVC (ModelViewController)

 

Sumber : agiptek