Semua yang terjadi di hidup kita emang ga selalu sesuai prediksi kita.

Gue pernah lagi niat dan semangat semangatnya ikutan lomba bikin poster. Pernah dalam suatu waktu 4 kali berturut-turut gue ikutan. Jujur aja waktu itu gue emang niat banget. Nyari banyak referensi. Nge-list apa aja yang dibutuhin buat registrasi, tanggal-tanggal acaranya dan sebagainya. Sampe pada tanggal dimana gue harus ngumpulin itu pun ceritanya bisa dibilang nggak flat banget. Ngeluarin biaya yang kalo semuanya dijumlahin rasanya lumayan juga. Pernah juga sampe ngerepotin orang tua buat masalah yang satu ini. Walaupun ga satu-satunya, harapan buat dapetin hadiah ternyata sempet jadi salah satu keinginan gue waktu itu. Karena emang lagi ada barang yang udah lama gue pengen dan gue pengen barang itu bisa gue dapetin dengan usaha gue sendiri tanpa ngebebanin orang tua. Tentunya ga lepas dari ridho-Nya.  Gamau bohong juga kalo gue banyak berharap minimal 1 berhasil. Dan hasilnya? Empat-empatnya FAILED.

 

4 failed posters

Oya poster yang kanan atas itu gue partneran sama irfan (temen satu smansa) yang jago banget gambar. Disitu dia yang lebih banyak terlibat dan gue ngerasa ga enak karna ga bantu banyak. Sampe gue ngerasa itu mah bener-bener lu yang bikin fan. Gue akuin hasilnya keren banget yaa walaupun mungkin belum waktunya jadi pemenang ya hehe.

 

Pernah ga ngerasa kalo lu udah usaha maksimal dan optimis dengan hasilnya nggak taunya kenyataannya justru kontras banget sama apa yang lu harapkan?

 

Kecewa? dikit sih haha. Sebenernya yang bikin gue sedih itu mikirin gimana caranya gue ngumpulin uang buat beli barang yang gue pengen. Haha mungkin waktu itu guenya agak terburu-buru kali yaa. Sabar buat nunggu beberapa hari beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan itu bukan hal yang buruk kok. Toh pada akhirnya alhamdulilah gue berhasil beli barang itu tanpa terlalu ngerepotin orangtua. Tapi mungkin yang bikin kurang puas cara gw dapetin uang itu kurang greget. ga keren nguahahaha naoon.

Setelah itu gue jarang lagi ikutan lomba. Istirahat bentar mungkin. Bukan karna gamau. Tapi ada hal-hal lain yang rasanya lebih butuh buat gue perhatiin. Terutama masalah akademik haha.

Sebenernya sampe saat ini gue masih belum begitu pede tentang berbagai hal yang berbau IT seperti programming. Jadi dari dulu kalo ada kompetisi semacam itu gue mikirnya itu wih pisaaan. Gue ga begitu ngelirik hal yang kaya gitu. Rasanya itu udah mastah dan gue fokus dulu aja itu benerin urusan kuliah gue.

Dan belakangan ini, kayanya dunia lagi mendesak gue buat menghilangkan rasa nggak percaya diri itu.

 

Pernah juga nggak lu ngerasa ngelakuin sesuatu dengan biasa aja, usaha yang sekadarnya, dan ga begitu mengharapkan apa-apa tapi justru ternyata hasilnya bikin lu speechless terharu ngerasa harus banyak-banyak bersyukur?

 

Gue lagi ngerasa ada di posisi itu sekarang ini. Entah kenapa gue ga ngerti lagi kenapa kenapa dan kenapa Dia baik banget huaaaah :””)

Mungkin kalo ada sebagian yang bilang itu nggak adil. Justru dari situ gue belajar kalo cara Dia nunjukkin keadilan itu bisa macem-macem bentuknya. Karena gue yakin kalo Dia selalu lebih tau mana hal yang emang bagus buat kita dan kapan waktu yang tepat. Mungkin ada saatnya lu capek banget ngerjain ini-itu sibuk disana-sini begadang tiap hari dan badan serasa remuk mau hancur berkeping-keping. Tapi saat itu apa sih yang lu dapet? Mungkin juga saat itu lu ngerasa hasil yang lu dapet nggak sesuai sama seberapa besar usahalu. Lu udah ngorbanin banyak hal dan lu ga dapet sesuatu yang luar biasa sebagai balesannya.

Tapi gue rasa dunia ga sekejam itu. Balesan terhadap apa yang kita kerjain itu gak harus langsung setelah itu juga kan?

Bisa jadi besoknya, minggu depannya, bulan depannya, tahun depannya, bertahun-tahun setelah itu. atau bahkan yang paling keren adalah di akhirat nanti kita bakal dapet sesuatu yang berharga dan sangat harus disyukuri. Kita ga pernah tau.

Faktanya sabar itu penting. Apalagi ikhlas.

Karena segala pengorbanan buat sesuatu yang baik pada akhirnya akan dapet balesan yang baik bahkan kadang jauh lebih besar nilainya dari apa yang kita duga.