• sadar ga sih pas lu ngeluh karena bosen disodorin terus-terusan sama yang namanya bikin ppt, di luar banyak orang yang gak bosen ngurek-ngurek tong sampah cuma dengan harapan mereka nemuin barang yang “sangat berharga” buat kelangsungan hidup mereka.
  • sadar ga sih pas lu baru sampe rumah di malam hari yang lu cium itu aroma cokelat dari kue di dalam oven baked by your mom (even thats not made for you), bukan bau ngga enak karna lingkungan tempat tinggal yang dikelilingi banyak sampah.
  • sadar ga sih pas lu ngeluh bosen sama sekian banyak pilihan makanan, banyak orang yang nggak pernah nggak excited begitu mereka ngeliat sepiring nasi untuk dimakan sekeluarga.
  • sadar ga sih di saat lu nggak ngelaksanain dengan baik amanah lu, di luar sana masih banyak orang yang percaya sama lu padahal mungkin masih banyak orang lain yang lebih baik dari lu dalam usaha mempertanggungjawabkan amanahnya.
  • sadar ga sih saat lu mengeluh cape dengan padatnya kegiatan di kampus dan terus terusan bergumam kapan libuuuur di luar sana banyak orang yang ga pernah cape mikirin kapan mereka bisa ngelanjutin sekolah seperti elu

masih sadar kan tan?

kalo dibalik setiap alasan lu buat ngeluh atau menggerutu, 1 alesan ga penting itu sama dengan berjuta-juta alasan yang ngharusin lu buat banyak-banyak bersyukur.