Gue bukan orang yang selalu bisa taat sama aturan. Gue cenderung suka melakukan segala hal yang emang gue suka. Mungkin sebagian orang yang kaya gue ini, punya hambatan saat dia mesti ngerjain dan nyelesain sesuatu yang sifatnya wajib tapi dia ga suka atau ga bisa menikmati itu.

Gimana solusinya?

Sebetulnya gue bukan orang yang selalu berhasil buat nyelesain semua itu. Bahkan beberapa kali yang gue kerjain itu jadinya setengah-setengah. Dikerjain iya, tapi selesai enggak. Kebuang deh itu waktu sama tenaga yang gue keluarin. Tapi menurut gue, kalo emang itu wajib dan perlu, ya mau gamau kita mesti usahain. Mungkin bisa dengan cara kita terawang apa sih manfaat dari pekerjaan itu. Apa dampaknya kalo kita nggak ngerjain. Seberapa penting.

Di saat ego kita memenangkan pertarungan sengit dengan jawaban-jawaban malaikat tentang pentingnya mengerjakan segala macam hal yang penting tapi nggak kita suka itu…

Bersiap-siaplah datang air bah besar yang ngehancurin diri kita beberapa waktu kemudian.

Ya masih lebih baik sih kalau misalnya dampaknya cuma kita sendiri yang kena. Tapi kalo nantinya malah jadi nyusahin banyak orang, itu masalah banget. Mungkin ini ada hubungannya sama amanah dan tanggung jawab.

Yaa dipilih-pilih lagi aja. Kalo dari buku yang pernah gue baca sih kita sering terjebak sama hal-hal urgent tapi sebenernya kurang penting. Ada hal lain yang lebih penting yang harus dapet perhatian lebih dari kita walaupun sifatnya nggak mendesak. Analisa lagi aja dampak positif dan negatif dari segala sesuatu itu. Untuk apa kita ngelakuin itu, berpengaruh buruk ga kalo nggak kita kerjain, kalo iya apa kerugiannya, kalo penting apa manfaatnya.

Jangan sampe apa yang kita lakuin itu sia-sia.

Kerjakan sampai selesai. Atau nggak usah mulai sama sekali.