Abis baca postingan cimtos yang ini, gue jadi bikin postingan ini haha.

Sebagian besar ngga beda jauh sama apa yang gue rasain. Tentang target di awal semester. Pengalaman ikutan ini itu. Kepanitiaan, organisasi, bikin acara, dan sebagainya. Bedanya gue nggak pernah ikut UKM apa pun dan nggak pernah ikutan demo bareng anak BEM. Gue seringnya jadi anak PDD, ngerasain nginep di gww buat ngedekor, ngerasain bikin dekoran segede gaban yang bikinnya lumayan nyita waktu tapi ternyata pas dipasang di gww keliatannya kecil banget. Udah ngerasain gimana capenya bolak balik revisi proposal dan  ribetnya birokrasi. Sebenernya gue udah pernah ngerasain kaya gitu dari pas sma. Bahkan sampe nangis karena urusan organisasi pun gue pernah waktu itu haha.

Gue juga pernah sempet mikir pengalaman gue di dunia kaya gitu udah lumayan cukup. Pas TPB pun gue ga ikutan apa-apa sama sekali di kampus. Ga ada ukm yang bikin gue mupeng. Cuma pengurus kelas. Tapi gue bangga ples salut sama pengurus kelas gue pas TPB. Tadinya kepikiran daftar bem. Tapi setelah inget kalo gue orang bogor yang weekend mesti diusahain banget buat ada di rumah gue menghindari ikut organisasi semacam bem dan dpm.

Sampe gue memutuskan untuk gabung kepanitiaan mpkmb, kepanitiaan pertama gue di ipb. Masuk himpro pas di departemen, ikut kepanitiaan skala fakultas, dan target gue yang satu lagi ikut gabung jadi panitia acara besarnya IPB pun sekarang tercapai.

Awalnya semester ini yang ada di otak gue cuma 1. Kuliah. Gue mau benerin nilai gue. Gue mau fokus.

Tapi nyatanya semua itu failed banget. Gue masih tergabung di himalkom, ngasprak, ikut kepanitiaan OMI, ikutan lomba bikin mobile apps, ikut lomba film dokumenter IAC, rencana ikut lomba lukis IAC nanti, dan nerima tawaran projek bikin web dari orang.

OMI itu sebenernya diajak dan setelah mikir nimbang ini itu gue terima karena gue inget salah satu nomor dari list target gue. Ikutan lomba lcen juga diajak, jadi designer nya doang sih sebenernya, gue juga akhirnya nggak nolak karena gue belum pernah ikut yang kaya gituan dan gue pengen nyoba. Kalo lomba IAC itu semuanya emang udah target gue, udah direncanain sebelumnya. Nah yang bikin web ini juga gue ngerasa gue belum pernah bener-bener explore kemampuan gue buat bikin selain projek kuliah yang bisa beneran kepake nantinya.

Gue jadi inget kata-kata bokap yang minta gue buat fokus. Nyatanya gue sempet bolos kuliah karena nyelesain kerjaan di kepanitiaan, sempet bikin nyokap gue khawatir karena belakangan ini sering banget pulang kemaleman, dan sering gagal nyisihin sedikit waktu tidur buat nyelesain tugas kuliah. Nilai-nilai uts pun meskipun dibilang cukup aman tapi jauh dari memuaskan.

Tapi gue udah milih. Gue nggak nyesel sama pilihan gue. Gue tau konsekuensinya. Gue ngerasa belajar banyak dari apa yang gue hadapin sekarang. Gue mencoba hal-hal baru dan ngelakuin apa yang emang pengen gue lakuin. Gue salut sama temen-temen yang bener-bener bisa fokus buat kuliah dan ngebanggain orang tua mereka. Nggak kaya gue yang emang orangnya bosenan, ngga betahan, dan suka ngerasa hidup gue agak kosong saat kegiatan gue itu-itu aja. Kegiatan-kegiatan yang gue pilih itu membantu hidup gue lebih terasa ada isinya. Gue mencoba menikmati semuanya. Insya Allah bermanfaat.

Oke, kuliah emang harus lebih ditingkatin. Tapi nggak kok.  Gue berusaha buat nggak mengesampingkan kuliah gue di balik semuanya.