24 Juni 2013

Tantangan Hari 4 : Hasilkan uang sebesar Rp 100.000,00 dengan usahamu dan berikan kepada yang benar-benar membutuhkan

 

“Danus buat apa tan?”

“Dalam rangka apa tan?”

“Tumben lu jualaan..”

“Ini danus apa? pribadi?”

“Danus buat kehidupan ya?”

“Ini saking kerasnya kehidupan Jakarta bukan?”

 

Banyak pertanyaan dan komentar yang dilontarkan ke gue saat itu. Gue cuma bisa cengar-cengir atau malah gue isengin aja mereka dengan bilang “ih kepoooo.”

 

Iya akhirnya setelah memikirkan berbagai macam cara, dari mulai googling nyari kerjaan online dan ga ada yang bikin gue yakin sama situs-situs online itu, nyari kerja harian, sempet kepikiran jualan pin atau stiker ke maba ipb, udah nanya-nanya kontak anak angkatan 50 dan ternyata mereka belum mulai matrikulasi, sampe pada akhirnya gue memutuskan untuk berjualan kue-kue (buatan nyokap). Sistemnya sih semacam reseller gitu. Gue beli di nyokap dengan harga sekian dan gue jual dengan harga sekian ditambah keuntungan. Sebenernya masih ragu-ragu bisa memenuhi target. Tapi no more idea. Mentok. Yasudah lah gue coba cara paling realistis. Jualan makanan!

 

Alhasil dari 100 potong, tersisa 30. Sisanya banyak banget -.-

americanrisoles

dan bener aja. keuntunganya nggak memenuhi target. kurangnya lumayan banyak malah.

Meskipun pada akhirnya nyokap gue dan tante gue selaku yang memproduksi barang bilang hasilnya nggak mereka ambil dan mereka mau ikutan nyumbang aja, tetep aja. Gue gagal. Yang bisa dianggap dari hasil usaha gue beneran nggak nyampe segitu. Bahkan setengah dari seratus ribu pun engga loh.  Fixed payah. Alhasil, gue harus menjalani hukuman.

Okay.

Nyari uang itu nggak gampang sob.