Gue lahir, Indonesia udah sekitar 48 tahun merdeka. Kalo waktu sd ga ada pelajaran sejarah, mungkin gue ga akan tau gimana luar biasanya perjuangan bangsa ini untuk bisa seperti sekarang.

Tapi kalo gue bener-bener cinta dan peduli sama negara gue, gue pasti nyari tau segala hal tentang Indonesia.

Faktanya, belasan tahun dalam hidup gue, gue nggak banyak cari tau tentang negara gue (apalagi sejarahnya) selain dari buku sejarah sekolah dasar.
Gue nggak ngerti tentang politik, hukum, dan sebagainya. Bahkan nggak tertarik buat bisa ngerti.

Tapi sesekali rasanya gue pernah berkeluh tentang `bobroknya` kondisi negara. Padahal pengetahuan gue belum cukup luas untuk ikut berkomentar.

Sekarang Indonesia udah 68 tahun. Gue 20 tahun. Banyak hal yang berubah tentunya.

Banyak faktor yang sepertinya bikin gue berusaha untuk mengerti lebih banyak tentang negara ini. Dari mulai mencoba, gue mulai sadar kalo hal tersebut sangat penting. Gue mulai tertarik dengan isu-isu nasional. Ga bohong kalo buku-buku karyanya mas pandji (nasional.is.me & berani mengubah), mas wadit (kreatif sampai mati) ikut serta mempengaruhi gue haha. Terimakasih :3

Untuk Indonesia, gue bakal belajar. Belajar mencintai tanah air. Belajar untuk ikut berperan membawa nama baik Indonesia. Belajar untuk ikut serta membangun Indonesia yang lebih baik. Tentunya dengan cara gue dan sesuai passion gue.

Indonesia butuh kita, para pemudanya. Indonesia punya banyak potensi. Semuanya bisa dari hal kecil. Apapun itu. Apapun, untuk Indonesia kita.

Selamat Ulang Tahun, Indonesia :)