Seseorang dengan penyakit serius bukan tidak pernah merasakan sakit atau menderita karena keterbatasannya untuk melakukan segalanya. Mengalami hari-hari buruk dan serangan berbagai ketakutan mengenai teman, sahabat, pergaulan, penerimaan masyarakat, dan masa depan akan selalu ada.

Meskipun begitu, selalu masih ada, bahkan masih banyak sesuatu yang dapat dilakukan. Mengenai kecintaan terhadap sesuatu, impian, passion. Apapun itu yang membuat bahagia.
Bisa jadi sebuah alasan untuk melupakan rasa sakit atau sekadar mengalihkannya meskipun hal itu tak bisa dihindari. Makanya mencari kesibukan untuk mendapat kebahagiaan bisa menjadi sepenting itu.

Kenapa harus berfokus kepada segala kesedihan kalau di sisi lain ada yang bisa digapai untuk menciptakan hidup yang menyenangkan?

Bukan untuk melupakan sakitnya. Tapi untuk membuktikan. Bahwa setiap orang, apapun kondisinya selalu bisa bermanfaat. Tapi untuk bisa ikut terlibat. Untuk mengubah dunia. Mengubah dunia artinya memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Setidaknya banyak orang dibikin bahagia.

Bonusnya, melihat dan mengetahui bahwa banyak orang bahagia karena sesuatu yang kita kerjakan justru memberikan kebahagiaan yang berlimpah bagi diri sendiri.