Buat gue, 2014 itu tahunnya kegalauan masa depan :v
Mulai dari semester akhir perkuliahan, nyusun tugas akhir, masa-masa terakhir (sebagian besar hidup gue) bareng pixels. Seneng yah broh berhasil melalui hitam-putih-hitam dunia programmer kekeke meskipun ujungnya sesedihan juga. Sampai kami kolokium, seminar, sidang, lulus. Di antara masa-masa itu gue sukses bikin cupcake coklat-kopi perdana! Kalau males sama gue silahkan karena sejujurnya gue proud for myself atas enaknya kue ini xixixi *clapclapclap
image

Hamdalah dan bahagia adalah ketika lo dinyatakan LULUS. Kalo waktu itu ada yang mergokin gue keliatan kayak orang abis nangis setelah sidang…. Y o u k n o w g u y s Gue ada perasaan takut ngga lulus karena pas disidang gue dai dai daaaaaai awalnya sok santai ujungnya dibantai hahaha tapi satu hal yang bikin gue sampe segitunya adalah closing statement dari dosen pembimbing kedua gue yang soooooo touchy hiks

image

Baru di tahun 2014 akhirnya para sobat (ngga ya?) ngumpul lengkap pas hari ulang tahun gue! Oke jujur gue bahagia heheheh thanks ya girls <3

image

Family quality time! Bermalam di tempat kece di daerah Ciwidey, Bandung (deket kawah putih). Namanya Green hill Park. Tempat wisata baru yang nuansa alamnya dapet banget. Recommended! Silahkan googling :)

image

Di akhir tahun kami juga bisa ngumpul lengkap lagi sekeluarga. Ngerecokin yogyakarta, ke desa-desa wisata batik, gerabah, kerajinan kulit, dan kuliner pastinya. Credit for my best man yang selalu nyempetin dan berusaha ngumpulin 8 orang yang udah misah kesana-sini sibuk masing-masing untuk ngumpul bareng. He always told us that family is number one.

Friends quality time! Karena udah nggak kuliah dan pastinya gue punya banyak waktu luang. Pertemuan dengan teman-sahabat pun jadi lebih gampang. Ajang silaturahmi banget deh.

image

Graduation everywheeere yang bikin gue envy karena gue nggak wisuda tahun 2014 huhuh. I really appreciate semua perjuangan kalian hey guys I know that was really far from easy. Perjalanan paling jauh untuk ke wisudaan versi gue adalah (cuma) ke Bandung seharian pulang-pergi demi si artis bandung selatan (pake id ym yah: aiidisini) nyahhahahaha :))

image

Gue tau UX di awal tahun 2014, tepatnya ketika gue bertemu dengan topik skripsi. Gue menemukan bagian dari diri gue di situ waw gue menemukan jati diri! halahalahh karna sumber belajar yang masih minim (terutama di indonesia) gue cari-cari gali-gali dan akhirnya direkomendasikan oleh seorang alumni ilkom ipb (sesama anak bimbingan pa firman tapi gatau tahun berapa) untuk gabung di grup FB-nya UX Indonesia. Dari sana gue dapet banyak ilmu dan informasi.
Sampai suatu hari ada UX meetup di daerah Jakarta, malam hari. Waktu itu event-nya UX masih jarang dan gue pengen banget ikutan. Nyari-nyari temen (karna masih pemalu jadi takut mati gaya) sampe akhirnya dapet temen. Lalu sedih-sedihan terancam gabisa ikut karena ada bimbingan meni pas gitu hari nya dan jam nya sama. Sampai akhirnya dosennya yang cancel bimbingannya dan hooraaaaaaayy gue pun bahagia karena malam itu achievement unlocked: ikut event UX! Kyah. Iya. Waktu itu gue seseneng itu. Gapapa ya :)

Beberapa bulan kemudian, masih di tahun 2014, gue dapet info kalau Indonesia bakal ngadain Konferensi UX. Perdana di negara ini. Hwaw…… m u p e n g. Gue langsung buka web nya. Tapi apa daya. Kantong mahasiswa. Ga sanggup bayar jutaan untuk 1 nomor tiket. Pasrah pasrah sok ikhlas ah akhirnya. One day, sepertinya Allah lagi pengen liat gue seneng, ada pengumuman di grup UX Indonesia kalau UXID Conference open volunteer. Mataku tak berkedip! Sung lah email.
Balasan email gue terima besoknya dan di hari itu juga gue diminta hadir rapat jam 7 malam di daerah Jakarta Selatan yang berakhir dengaaan gue menjadi bagian dari awesome-team UXID Conference 2014. Seneng seseneng-senengnya.

image

Excited ketika gue denger kalau Matthew Magain akan jadi salah satu pembicaranya. Sebagai referensi untuk skripsi, gue suka berkunjung ke web-nya UXMastery. Gue juga udah sempet baca-baca artikel dan terpesona sama hasil sketching-nya Magain ini. Ternyata, beliau adalah co-founder UX Mastery. And guess what ?!! I feel so blessed karena dikasih kesempatan untuk jadi asisten workshop-nya Mr. Magain pas konferensi. Lebihnya lagi, buku GoodNote dengan gambar ilustrasi potretnya Mr. Magain bikinan gue sampe di tangan beliau. Lalu salah satu buku cerita bikinan beliau sekarang jadi milik gue. I can’t describe this happiness :”)

image

Satu lagi, ada sebuah workshop yang mengajak young design thinkers untuk solving masalah pemenuhan nutrisi (khususnya) bagi para maternal (Ibu muda yang baru menikah dan baru akan punya anak pertama) di daerah Sidoardjo, Jawa Timur (terutama untuk kalangan menengah ke bawah), dengan segala kondisi yang ada dan keterbatasan di lapangan. Dua hari yang menunutut otak nggak berhenti bekerja. Mikir abis-abisan dengan post it di seluruh sudut ruangan. These guys are really brilliant. Gue belajar banyak dari orang-orang ini :)

image

Sisanya adalah hari-hari bersama GoodNote yang usianya udah setahun yaaay! Mikirin gimana goodnote ke depannya, apalagi kalau udah pada kerja. Hal ini cukup bikin galau, seriously. Galauin pekerjaan. Tes sana sini. Di-php-in sama perusahaan yang gue pengen. Stres (dikiit) karena ada kebutuhan yang perlu uang tapi belum menghasilkan sedangkan gue pilih-pilih banget soal kerjaan. Sampai akhirnya gue mendapatkan (kalau dipkir-pikir) emang apa yang gue butuhkan. Gue akhirnya dapet pekerjaan yang nggak mengharuskan gue berjejalan di jalanan kejar-kejaran sama jam tangan untuk sampai kantor dan halo-halo sama bulan abis cape ngantor. Gue rasa cukup baik sebagai permulaan. Gue masih bisa sambil belajar memenuhi requirements untuk bisa lolos tes universitas impian dan dapetin beasiswa.

This year was full of amazement. Apa yang gue khawatirin dan gue tebak-tebak di waktu yang lalu, beberapa udah kejawab sekarang. Beberapa udah nggak perlu dikhawatirkan. Allah emang selalu tau apa yang gue butuh dan selalu ngasih waktu yang tepat untuk itu. Alhamdulillah. Terimakasih untuk semuanya yang ikut jadi bagian di 2014 gue! :)