A: Gue paling gabisa nih di mata kuliah ini
D: Emang kenapa?
A: Iya soalnya kalo Ibunya ngejelasin gue suka ngga ngerti
D: Loh kan bisa nanya

Percakapan singkat dan ringan di tengah-tengah suasana kelas ketika dosen sedang menerangkan. Mungkin biasa banget buat banyak orang. Tapi sampe sekarang gue masih inget jelas. Bagi gue maknanya dalam. Ketika ada sesuatu yang nggak jelas atau kurang bisa dipahami, jangan salahkan orang lain kalau kita tidak berusaha untuk mencari tahu atau minimal bertanya.

Sampe malem ini bener-bener masih nggak nyangka. Bareng-bareng 3 tahun di Ilkom. Ga pernah lupa suasana kuliah yang rame dan bikin ketawa-ketawa. Masih inget suasana belajar bareng di sc. Lu yg suka ngeluarin celetukan konyol, nyanyi-nyanyi, dan nge-beatbox. Lu yg pernah nanya: Atana, tas domonya mana ko ga dipake lagi. Sesekali ada perbincangan sedikit serius tentang cita-cita dan masa depan. Komunikasi via chat dari mulai jaman Facebook chat sampe LINE buat nanya tugas, sharing ilmu, dan kabar-kabar. Lu yang katanya batal ke hongkong karena ikut kelas semester pendek. Karena batal keliling dunia jadinya keliling bara aja. Haha.

Masih inget jelas pas lu minta bantuin gue buat bikin poster tugas akhir. Lu bilang bakal seneng kalo dibantunya sama yang jadi juara poster pas mini conference. Hahaha bisa banget. Terus ngerjain poster sampe malem di sc. Trip bareng satu Pixels. Sampe akhirnya wisuda bareng. Terus sempet main bareng ke Dufan rame-rame setelah lulus. Lama ngga ketemu lagi karena udah pada mencar-mencar, kerja dan kuliah lagi. Udah susah untuk ngumpul. Sekalinya denger kabar terbaru, pagi-pagi banget. Lu udah ngga ada..

Gue nge-scroll isi chat grup kelas baca berulang buat mastiin gue ga salah baca. Tapi ternyata emang nggak salah. Kaget. Langsung mandi pengen ngelayat. Tapi aksesnya sulit ke Bandung dan ga ada temen. Maafin ya dhir.. Cuma bisa sholat dan doain lu dari rumah.

Kita semua di sini masih susah percaya. Ternyata ikhlas itu memang sulit ya. Tapi kita berusaha untuk ikhlas lepasin lu secepatnya biar lu tenang. Gue rasa selama lu hidup lu udah berjuang banget buat ngelawan penyakit yang lu alamin. I know it is not that easy. Tapi sekarang itu udah selesai ya dhir. Semoga lu terbebas dari semua jenis rasa sakit sekarang. Amin.

Kita selalu doain lu. Kita bakal adain acara doa bareng. Semoga doa kita dan semua orang yang mendoakan lu bermanfaat dan bisa nolong lu buat diterima di sisi Allah ya.

Sampaikan juga rasa terimakasih kita ke Allah karena udah ngirim lu ke hidup kita ya dhir. Sebagai teman yang baik dan bisa ngasih banyak pelajaran berharga buat kita. Makasih banyak buat semua kebaikan lu. Makasih juga udah ngingetin kita lagi kalau kematian itu dekat. Mencambuk kita, terutama temen-temen lu ini yang sedang ada di siklus quarter life (yang umumnya galau kerjaan, nikah, cari uang) biar nggak terlalu berorientasi dunia.

Semuanya milik Allah dan pasti akan kembali ke Allah. Nggak bisa diprediksi kapan. Nggak boleh protes kalau Allah mau mengambil kembali apa yang memang milik-Nya.

Dhira

Selamat jalan Muhammad Dhira.
Semoga kita ketemu lagi di Jannah-Nya :)