Seperti membaca komentar yang ditinggalkan anonim di postingan blog untuk berterimakasih atas tulisannya yang katanya berguna, minta alamat email untuk bertanya, minta dikirimkan file e-book tertentu, atau membagi source code suatu program.

Seperti membaca pesan pribadi di LinkedIn dari seorang yang tidak dikenal yang ternyata pembaca tulisan saya tentang topik tertentu dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk didiskusikan.

Seperti ada orang tak dikenal  yang menambahkan saya sebagai teman Facebook nya, mengirim pesan yang behubungan dengan pekerjaan atau hal-hal yang saya minati. Memiliki ketertarikan yang sama dan menilai baik pekerjaan saya.

Seperti membaca direct message di Instagram dari entah siapa itu yang ternyata menyukai beberapa hasil karya saya. Ingin seperti saya katanya. Konsultasi mengenai desain, bikin bisnis, sampai motivasi.

Ada rasa heran, kaget, bingung sekaligus terharu ketika membaca pesan-pesan tersebut. Padahal saya tidak merasa lebih baik dari mereka. Apalagi kami be saling kenal, jadi tidak bisa menilai. 

Namun, poin utamanya adalah saya merasa bersyukur karena masih ada di antara hal-hal yang saya lakukan atau kerjakan, memiliki nilai positif di mata sebagian orang. Orang-orang yang menunjukkan apresiasinya secara santun dan memotivasi saya untuk terus berkarya dan menjadi lebih baik.

Terimakasih :)