Gue selalu punya keinginan untuk bisa menjadi morning person. Selama ini, ketika gue berhasil mencapai itu, biasanya nggak akan bertahan lama. Susah. Banget.

Nah, apalagi belakangan ini semua itu kayak cuma jadi wacana. Gue selalu stel alarm. Oke bangun, tapi nanti pasti tidur lagi, biasanya abis solat subuh.

Padahal sekitar seminggu lalu, gue sempet memperbaiki pola tidur. Jam 9 malem udah di tempat tidur! Hasilnya oke, gue emang jadi bangun lebih pagi. Lalu itu hanya bertahan 2 hari karena besoknya gue ada acara sampe malem.

Kemaren malam, gue nggak tidur cepet. Bahkan sepertinya mendekati tengah malam. Tapi, entah kenapa, tiba-tiba gue kebangun jam setengah tiga pagi dan gue nggak ngantuk sama sekali.

Setelah minum, gue (sebenarnya rencananya sudah dari jauh-jauh hari) memutuskan untuk memulai ritual menulis daftar apa saja yang mau gue kerjakan hari ini. Meski nggak semuanya berjalan sesuai rencana, tapi efeknya cukup bagus buat gue. Gue merasa lebih produktif hari ini.

Satu yang ikut ngebantu gue untuk bertahan tetep melek pagi ini adalah kehadiran abang, adik sepupu gue yang ngerusuh karena dia lagi nggak masuk sekolah. Meski rencana gue buat latihan writing pagi tadi gagal, tapi semua terganti dengan sebuah game antara gue dan abang. Kita merhatiin peta dunia yang gue tempel di tembok kamar, main cari-carian dan tebak-tebakan bendera-bnedera negara di dunia.

Ohya, sebelumnya gue memulai pagi dengan merapikan kamar. Iya! Gue lagi berniat untuk membuat kamar sebagai tempat yang bisa membuat gue selalu nyaman, rapi, dan bahagia.

Jangan lupa buka jendela kalau matahari udah bersinar :D

Ohya, gue juga memulai kebiasaan baru untuk menempel kertas bertuliskan kata-kata atau sesuatu yang bagi gue penting untuk diingat. Berhubung kemampuan menghafal gue cukup buruk, jadi gue berpikir kalau hal ini mungkin akan ampuh untuk membantu gue mengingat dalam jangka panjang karena gue akan sering melihatnya.

Tempelan-tempelan itu mungkin akan gue ganti tiap beberapa hari sekali. Biasanya gue kutip kalimat dari buku yang gue baca, video atau film yang gue tonton, atau Al-Quran.

Poin yang gue pelajari adalah: mengubah kebiasaan itu memang sesuatu yang sangat berat dan sulit. Lalu, jika ingin mengubah sesuatu, mulailah dari hal kecil yang sederhana dan paling dekat dengan keseharian. Misalnya, dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman dan bikin semangat. Karena kalau buat gue, dalam waktu ini, kamar adalah tempat dimana gue menghabiskan sebagian besar waktu gue.

Kira-kira ritual-ritual baru yang coba gue ciptakan ini, bakal bertahan berapa lama ya? Let’s see! :p