Tahun 2016 ini, saya berkenalan lebih dalam dengan berbagai macam pekerjaan.

Mulai dari peneliti dan desainer User Experience, desainer grafis, desainer website, auditor gedung pertunjukan seni, pendiri startup, hingga pelaku bisnis online shop :p

Banyak sekali jenis pekerjaan dan spesifikasi bidang ilmu yang ada di dunia. Saya setuju kita tidak harus bisa semua, bahkan bisa menguasai salah satunya saja sudah bagus.

Namun, saya rasa tidak ada salahnya untuk sekadar mencari tahu dan mencoba memahami sedikit sesuatu yang berada di luar fokus dan kemampuan saya.

Dengan begitu, saya diberikan pemahaman bahwa tidak ada pekerjaan siapa yang lebih baik, lebih sulit, lebih penting, atau lebih hebat.

Keberagaman ada bukan untuk dibanding-bandingkan karena masing-masing punya nilai dan manfaat berbeda.

Ya, saya sudah tidak asing dengan kata ‘kompetisi’ di dunia kerja. Meski begitu, saya melihat bahwa dibaliknya masih ada kenyataan yang berkata kalau hidup bukan melulu tentang persaingan, tetapi juga tentang kolaborasi karena sadar kalau ternyata kita saling membutuhkan.