Maintenance


Setiap hubungan, baik itu dengan keluarga, teman, sahabat, pasangan, guru, murid, apa pun itu butuh di-maintain jika ingin bertahan. Yang menjaga harus dari kedua pihak. Karena, kalau satu saja, akan jadi sia-sia.

Jangan menyalahkan pihak lawan kalau hubungannya surut karena dia tidak pernah menghubungi. Coba lihat diri sendiri, apa usaha yang kamu lakukan?

Jadilah orang yang memulai duluan, yang paling inisiatif untuk menyambung silaturahmi. Kamu tau kan, kalau orang yang menyambung silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dan dimudahkan rezekinya.

Aku tau, pada kenyataannya, mempertahankan suatu hubungan itu bukan perkara mudah. Apalagi jika masing-masing sudah punya kegiatan baru, waktu yang ada menjadi terasa lebih sedikit, jarak kadang jadi penghambat. 

Tapi itu semua hanya masalah niat dan keputusan kita untuk menentukan orang-orang mana yang jadi prioritas kita untuk tetap dijaga atau dikuatkan hubungannya, dan mana yang tidak perlu. 

Aku sendiri, bagaimana pun kondisinya, akan selalu berusaha untuk mempertahankan hubungan baik-baik dengan orang-orang yang sudah aku anggap berharga. Orang-orang yang selama ini sudah sama-sama berjuang dan telah melewati banyak kejadian bersama untuk bisa menjadi dekat. Entah itu hanya dengan chatting, nonton film, ngobrol-ngobrol santai di kafe, atau main ke rumah. Meski aku lebih suka kalau bertatap langsung.

Aku mau mengucapkan terimakasih untuk orang-orang itu. Kalian yang aku pertahankan untuk tetap berada di lingkaranku. Semoga kalian juga tidak keberatan kalau aku ingin tetap berada di lingkaran kalian.

One thought on “Maintenance

Leave your comment ! :D

