Jangan Belajar Code Igniter .__.


—-Page 12 E-Book Framework Code Igniter 2

 

dan..

OOP -> Class -> Object -> Attributes -> Methode -> Inheritance

Ya Allah, ini basprog Ya Allah.. u.u

Advertisements

Belajar codeigniter #3


Kita akan membuat semacam homepage dengan konsep URI. URI (Uniform Resource Identifier) berperan untuk mengakses sebuah halaman dalam aplikasi web, tak terkecuali di dalam CI.

Buat file home.php

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller
{
   public function __construct()
   {
      parent::__construct();
   }
   public function manajemen_menu()
   {
      echo "Ini adalah halaman untuk manajemen menu";
   }
}
simpan di dalam folder codeigniter -> application -> controllers dengan nama home.php
Pada kasus di atas, URI-nya adalah ‘home/manajemen_menu’, di mana home berarti controller, dan manajemen_menu adalah suatu fungsi yang ada di controller home. Jadi, URI tersebut akan menjalankan apapun yang ada dalam fungsi manajemen_menu, yang merupakan salah satu fungsi yang ada di controller home.
setelah itu jalankan http://localhost/codeigniter/index.php/home/manajemen_menu pada web browser
Maka akan muncul tulisan:
Ini adalah halaman untuk manajemen menu
nah abis itu ketik ini:
bisa ga?
pasti muncul error huahahahaha
Kenapa?
Karena ga ada fungsinya. Kalo kita mengakses controller hometanpa diikuti dengan fungsi (seperti pada URL di atas), maka CI akan mengarahkan request ke fungsi index di controller yang sama.
Nah, kita kan belum punya fungsi index di controller home,  jadi  muncul lah itu si halaman 404.
Intinya, kita harus bikin suatu fungsi dulu pada controller kalo mau ngakses fungsi itu.
Sumber:

error 1 solved! :D #ci


Jadi tadi baru juga masuk di tahap awal awal belajar codeigniter, gue udah nemuin error -.-

page welcome codeigniter di localhost nya gabisa dibukaaaa

 

 

Setelah beberapa jam googling, gue nemuin ini di forum kaskus:

tapi, sumpah gue bingung ga ngerti itu dipasangnya di mana kodingannya. huee gaptek banget dah gue.

 

akhirnyaaa, ada web yang berhasil nyelesain masalah gue :))

Ini caranya:

masuk ke codeigniter -> application -> config -> autoload.php

nah edit deh itu si file autoload.phpnya

tambahin ini di paling bawah:

$autoload[‘helper’] = array(‘form’);
$autoload[‘libraries’] = array(‘pagination’);

 

daaaan..

yaay! Alhamdulillah welcome page gue balik laaagiiiiiiiiiii  \(n_n)/

Terima kasih buat entah siapa (gue ga kenal) yang udah nge-share tulisan ini di web nya :D

#2 Aktivasi Code Igniter


karena gue rasa tutorial dari blog yang gue jadiin acuan cukup jelas, gue repost aja yaaa hehe :”3

Konfigurasi yang Perlu Diperhatikan

Pada awal instalasi, folder yang perlu Anda utak-atik adalah di folder application/config. Folder ini berisi banyak file, yang tidak semua harus Anda buka dan ubah. File yang perlu disesuaikan akan dijelaskan sebagai berikut.

config.php

Buka file ini, maka Anda akan menjumpai array $config terhampar luas. Beberapa yang perlu di ubah adalah sbb. (cari array berikut, sebenarnya mereka tidak berdekatan)

1
2
3
4
5
6
// ganti sesuai dengan server dan folder instalasi
$config['base_url']  = 'http://localhost/mycodeigniter/';
// ganti dengan kode unik (terserah Anda)
$config['encryption_key'] = 'H3yTh1sIs@n3ncrYPt10nK3y!';
// untuk keamanan, recommended
$config['global_xss_filtering'] = TRUE;

Encryption key di atas digunakan untuk library session yang jelas akan (biasanya) digunakan untuk sebuah aplikasi, dan XSS filtering untuk mengamankan semua data GET, POST, dan COOKIE secara global (CI akan otomatis memfilter data tersebut) dari Cross Site Scripting.

database.php

Intinya untuk mengatur koneksi ke database kita. (ingat, kita sepakati pakai MySQL). Buka file dan sesuaikan dengan konfigurasi koneksi database Anda.

1
2
3
4
5
$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'myusername';
$db['default']['password'] = 'mypassword';
$db['default']['database'] = 'mydatabase';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';

Sebenarnya itu sudah cukup, tetapi Anda dapat juga melihat-lihat opsi lain di bawahnya, misalnya saja database prefix, yang sangat berguna apabila Anda dalam kondisi : database hanya satu, tapi memiliki banyak versi aplikasi di dalam database tersebut. Nah, dalam hal ini Anda perlu mengatur database prefix sesuai dengan aplikasi, misal ‘aplikasi_a_’, ‘aplikasi_b_’, dst.

autoload.php

Konfigurasi $autoload dalam file ini mengatur automatic loading dari resources (Model, Helper, Library). Misalnya Anda menambahkan ‘database’ ke dalam array $autoload[‘libraries’], maka CI akan melakukan autoloading file database.php pada setiap request. Nah, disini disarankan untuk mengatur seminimal mungkin resources yang diload secara otomatis, karena tentu saja akan mengakibatkan sistem kita menjadi berat. Berikut yang biasanya ada di konfigurasi saya:

1
2
$autoload['libraries'] = array('database','session');
$autoload['helper'] = array('url','form');

Itu saja yang perlu Anda atur di awal instalasi CI. Tentunya, seiring dengan berkembangnya aplikasi, Anda perlu mengutak-atik lagi file-file tersebut, bahkan teman-temannya yang lain pun bisa jadi harus ikutan diedit.

 

Selamat mencoba \m/

 

sumber:

Tutorial Code Igniter

 

Postingan terkait:

Instalasi Code Igniter

Start to learn : Code Igniter

#1 Instalasi codeigniter


Dari postingan sebelumnya mengenai pengenalan code igniter, sekarang kita masuk ke tahap awal :

Instalasi Code Igniter

oya, buat yang belum download, sok diunduh dulu ci-nya di sini

 

Hal – hal yang harus disiapin buat nginstal framework codeigniter :

  • Paket webserver seperti Vertrigo, Xampp, Wampp, atau sejenisnya yang berguna untuk penempatan file dan menjalankan webserver di localhost kita.
  • IDE text editor seperti Dreaweaver, Netbeans , Notepad++  atau kalo ngga ada bisa juga kok pake notepad.
  • Browser Mozilla firefox, IE, Opera, Chrome, dsb
  • Paket Codeigniter terbaru yang sudah di-download dan di-extract dan diberi nama sesuai keinginan kita.

 

Nah, kalo gue pake xampp buat webserver-nya. Buat yang mau pake xampp juga tapi belum punya,

download aja xampp di sini

  1. Masuk ke xampp -> htdocs.  Taro deh itu 1 folder codeigniter yang udah diekstrak.
  2. Jalanin xampp. Buka folder xampp, pilih xampp-control.exe Klik start pada apache dan MySql untuk running.Jalanin xampp. Buka folder xampp, pilih xampp-control.exe Klik start pada apache dan MySql untuk running.

3.  Buka  http://localhost/codeigniter pada browser

Kalau instalasi berhasil, bakalan muncul halaman ‘welcome page’ default dari CodeIgniter.

next>> Aktivasi Code Igniter

Sumber:

Cara Install Codeigniter

Tutorial CodeIgniter

lets start to learn: Code Igniter


CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC  untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Apa itu MVC?

  • MODEL

Bagian model ini buat akses ke database (query operation). Biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search)

  • VIEW

View itu yang menangani presentasi logic, menerima dan merepresentasikan data kepada user. Biasanya berupa file template kode HTML yang disisipi dengan variabel/data PHP.

  • CONTROLLER

Kalo ini buat ngatur view mana aja yang mau kita tampilin.

Dengan menggunakan prinsip MVC suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani bagian model dan controller, sedangkan designer yang menangani bagian view, sehingga penggunaan arsitektur MVC dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan.

Sebelum mulai belajar lebih dalam mengenai code igniter, silahkan download ini :3

next >> instalasi Code Igniter

Sumber:

Tutorial Code Igniter

Wikipedia : CodeIgniter