1000 Startup Digital, Makna dari Gotong Royong


Di masa lalu, ga pernah kebayang kalo gue bakal ada di tempat dan lingkungan kaya gini.

Gue ketemu ratusan orang yang menghabiskan akhir pekannya untuk memikirkan solusi-solusi dari permasalahan negara dengan membuat startup.

Salut dengan inisiator serta para relawan yang menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membuat ini terjadi.

Respect sekali dengan para mentor dan pembicara yang mau berbagi tanpa dibayar.

Merasa tersanjung bisa berdiskusi langsung dengan para founder/ceo/pm/dsb dari startup-startup keren di Indonesia. Orang-orang yang tadinya gue pikir sangat sulit dijangkau, ternyata humble dan mau mendengarkan ocehan anak ga penting kaya gue.

Pemerintah (khususnya Kominfo), berbagai media, startup, perusahaan, komunitas, dan universitas juga ikut memberi dukungan dengan menyumbangkan produk/jasa seperti tempat kegiatan, publikasi, dll.

Gue terkesima menyaksikan adanya gotong-royong, dua kata yang sudah jarang didengar semenjak nggak baca buku PPKN lagi.

Gue diingatkan kalau hidup bukan tentang uang, status, jabatan, atau penampilan. Tapi bagaimana kita bisa jadi orang yang kehadirannya bermanfaat untuk banyak orang lain.

Gerakan nasional 1000 startup ini jadi bukti kalau Indonesia punya banyak orang berhati baik yang bukan cuma bisa komentar atau mengkritik, tapi ikut peduli, mau mikir pake otak, mau bergerak, dan berkolaborasi untuk menciptakan perubahan baik bagi Indonesia.

Advertisements

Ignition 1000 Startup Digital, Encouraging The Startup Mindset


1000 Startup digital, sebuah gerakan teknologi digital yang diinisiasi oleh Kementerian Keminfo dan KIBAR, saat ini sedang berlangsung.

Ignition – The action of setting something on fire or starting to burn.

Sesuai namanya, tahap paling pertama dalam rangkaian gerakan  ini berguna untuk membakar motivasi para pesertanya lewat suguhan materi yang dapat meluruskan niat, pola pikir, dan tujuan agar sesuai dengan apa yang memang harus dimiliki oleh seorang founder startup. Sesi seminar yang berdurasi 4 jam ini berisi berbagai pengalaman, cerita, ilmu, serta sudut pandang baru dari tokoh-tokoh startup Indonesia.

Ignition Jakarta 1000 Startup Digital

Ada lima poin besar yang menjadi penting untuk  dipahami oleh kami yang ingin membangun startup:

 1 – Don’t Start a Business, Solve a Problem
Sebagian orang berkeinginan membangun startup agar dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Padahal, sebaiknya startup dibangun atas dasar masalah yang kita hadapi lalu menciptakan sesuatu yang dapat menjadi solusinya. Apabila berfokus untuk bisnis, kita akan mudah khawatir memikirkan apakah bisnis ini menguntungkan. Sedangkan, jika bertumpu pada solusi, yang ada di kepala terus-menerus adalah apakah pekerjaan kita telah telah mampu menjadi solusi dari masalah yang memang ingin kita pecahkan. Jadi, pastikan niat kita benar dan apa yang dikerjakan tidak sia-sia.

2 – Building The Startup Mindset
Perjalanan dari mencetuskan ide, mendirikan, mengembangkan, mempertahankan, sampai dapat dibilang sukses sangat panjang dan tidak mudah. Sejalan dengan poin nomor satu, materi bukan tujuan utama. Berorientasi pada uang akan menjadikan kita mudah gelisah dan kehilangan semangat apabila tidak cepat menghasilkan atau tidak sesuai harapan. Kegagalan juga menjadi satu hal yang sangat biasa dalam ekosistem startup. Namun, kegagalan tidak diartikan sebagai sebagai sesuatu yang negatif karena dari sana, banyak pelajaran atau inspirasi yang bermanfaat. Mengutamakan kepuasan dan kebahagiaan pengguna produk/jasa kita juga menjadi prinsip yang harus ditanamkan.

3 – Collaborate to Create Innovation
Teman satu visi. Seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, menemukannya sulit sehingga ia sangat berharga. Teman dengan pola pikir dan tujuan yang sejalan, saling terbuka, dan bukan yang mau menjatuhkan atau berlomba jago-jagoan. Pastikan tim kita terdiri dari orang-orang dengan berbagai keahlian yang diperlukan dalam pengembangan startup. Selain rekan satu tim, bekerja samalah dengan pihak luar yang berkaitan dengan produk kita. Misalnya seperti Jakarta Smart City yang bekerja sama dengan pemerintah Jakarta.

4 – Coworking Space and The Future of Working
Mempertimbangakan dana yang pasti masih minim saat awal merintis, coworking space bisa menjadi salah satu alternatif. Selain fasilitas cukup lengkap yang dirancang untuk orang bekerja, bertemu orang-orang baru dengan berbagai latar belakang dapat menambah wawasan kita. Kita juga dapat berbagi ide, pengalaman, bahkan mungkin suntikan motivasi atau inspirasi yang dapat menjadi inovasi.

5 – Flourishing The Next Generation of Global Startup Founder
Meski fokus untuk solusi dari masalah yang kita temui di negara sendiri, kita juga harus aware dan update mengenai isu-isu kelas dunia dan mampu bersaing di tingkat global. Belajarlah sebanyak-banyaknya.

IMG_20160730_225438

Kesimpulannya, tahap ignition dirancang agar kami, yang katanya ingin membangun startup, tahu benar apa alasannya, mengerti tentang bagaimana cara mencapainya, dan mau gerak untuk merealisasikannya.

***

 

Daily Prompt: Pick your Gadget – Anywhere Door!


Image

In advance, thankyou for The Daily Post who takes up my idea. Actually, my idea for this prompt is a question: “Which one do you want, a time machine or an anywhere door?”

Becoming interesting, daily prompt have made a modification for this idea so that the prompt become like this:

“Your local electronics store has just started selling time machines, anywhere doors, and invisibility helmets. You can only afford one. Which of these do you buy, and why?”

Those three things sound sooo exciting and full of freedom! I love that. But for me, I prefer to get an anywhere door!

Time machine looks good. I can go through the past or even the future. Knowing and learning what happened at that time, and what happened next, and why it could happened. Maybe I can fix up my fault and failure yesterday then my past become better and get near to perfect. Besides, I can see my future which makes me to stop wondering and worrying about that things. I can better prepared for everything and avoiding risk or bad things. I will know what are the questions for my examination tomorrow and looking for the answer now. Haha!

But, No! I don’t like that. All those certainties make no efforts for reaching everything. Dreams, goals, and all the things happened to me. Fixing failure in the past also not a good idea for me. The past is the past. It doesn’t have to be perfect. All those misatakes and failure becoming precious lessons for me and shaping a better me, a stronger me. Morover, the success without sweatness just have no sense.

What about invisible helmets? Okay this one sounds sophisticated. I can go anywhere with no one see me. This is good for me if I work as a detective. I’ll find out the secrets of some people, hear everything I want without permission. I also have no scare to the villain because I can walk through them and they dont know even there is me. Maybe I can give them a punch! Yeah! Haha okay you can say that this stuff is not gentle.

So, the most adorable thing in this case is: Anywhere Door. Oh God, I can go everywhere. Anywhere I want. It helps me alot to kill my boredom. I don’t need to have alot of money for buying some tickets. I can go so fast and no time waste because of the traffic. I’ll go around the world, meet new things, new people, new culture! I can learn from so many country, city, village, all the places and people and takes all the positive sides they give. I can easily get inspiration from place to place. Imagine this: Surfing and searching I usually do through the cyberspace is transform into the real word space!

Interesting to see the other respones of this prompts? Click me! :)

Gallery

Indonesia: Social, Digital, Mobile Worldwide and Asia Pasific in 2014


World

Asia-Pacific

Hello Indonesia. We’re on the world-top 25. 7th place time spent on social media. About 38 million internet users. 62 million active facebook users. 5h 27m average internet time spent  on desktop/laptop and 2h 30m on mobile phone each day. 2h 54m spend on social media each day. 74% mobile users using social media apps.