Kembali ke sekolah



Tadi pagi, gue main ke smansa. Ngelukis-lukis lucu bareng adik-adik yang ternyata udah jauh selisih angkatannya ūüėāūüėā
Meski cuma sekitar satu jam dan sederhana, balik ke kotak sabun ini selalu berhasil bikin gue kemasukan energi positif :)

Pelajar


Udah cocok jadi mahasiswi belum?

Tadi gue lagi baca, terus sambil bikin catetan. Karena gue suka topiknya, gue jadi sangat menikmati proses belajar yang kaya gini

Ya Allah, sekarang mah aku nurut aja sama rencana-Mu. Semua pasti indah pada waktunya kan? :3

210816, A Heartwarming Wedding.


DSC_0879DSC_0899DSC_0955DSC_1051Priceless moment.

Semuanya berhasil tercapai karena ridho Allah dan cara berpikir serta bagaimana kamu menghadapi dan menyikapi segala sesuatunya yang seringkali di luar dugaan dan berjalan amat sangat cepat.

Menjadi salah satu saksi atas bagaimana keseharianmu, kerja kerasmu, perilakumu, keshalehanmu, dan kedewasaanmu (yang rasanya sangat jauh dibanding aku) sekaligus pendengar setia kisahmu dari awal datangnya surat untukmu, kekhawatiran ini itu, keluarga, penyatuan pemikiran, kelapangan untuk saling menerima kelebihan serta kekurangan masing-masing, kelurusan niat dan tekad, sampai keajaiban-keajaiban seperti adanya satu tanggal kosong untuk pemesanan gedung sehingga tanpa pikir panjang kamu langsung menandai sebuah tanggal, segalanya yang sepertinya sangat dimudahkan oleh-Nya.

Meski di awal, sobat-sobatmu yang rada pecicilan ini sempet ngerasa terlalu cepat dan agak-agak nggak rela ngelepas kamu, tapi pada akhirnya kita bahagia dan terharu banget saat hari itu tiba.

As you said, this is not the end. We are wishing you for a new beginning of life, timeless happines from the world until Jannah.

We love you, dearest Annisa Sophia.

ps: Masih bisa nggak kita teriak-teriak depan pintu rumah kamu buat main? :)))

Enjoy the process 


Seriously, this girl has a lot of things she wish she could achieve. After some months, she was facing reality which isn’t always as she expected. Some times she becomes afraid and worries everything. Many things to do. Some are the must, but some are just because she really wants to. Becoming too anxious thinking about the future and what are the pleasure useful things that she can do for this world. The effect of thinking too hard and long is not good actually.

She isn’t as happy and cheerful as she was. Too afraid to think if she’ll fail to reach her goals. Sometime she wants to come back to her childhood. Playing around and get very easy to be happy.

Time flies, moments happened, up and down, sad and happy.. and then she is trying to be more realistic. She is trying to just face what’s in front of her eyes. Facing today. Giving and doing the best of her. 

Because after all, she realize that she doesn’t know anything about how much time left that she has. So, she just has to treat this current time as well. Enjoying the process. Enjoying life. Smiling. Helping others. Learning to get better and better. Because of God. 

“Whatever it is, the time will come.”

Ignition 1000 Startup Digital, Encouraging The Startup Mindset


1000 Startup digital, sebuah gerakan teknologi digital yang diinisiasi oleh Kementerian Keminfo dan KIBAR, saat ini sedang berlangsung.

Ignition –¬†The action of setting something on fire or starting to burn.

Sesuai namanya, tahap paling pertama dalam rangkaian gerakan  ini berguna untuk membakar motivasi para pesertanya lewat suguhan materi yang dapat meluruskan niat, pola pikir, dan tujuan agar sesuai dengan apa yang memang harus dimiliki oleh seorang founder startup. Sesi seminar yang berdurasi 4 jam ini berisi berbagai pengalaman, cerita, ilmu, serta sudut pandang baru dari tokoh-tokoh startup Indonesia.

Ignition Jakarta 1000 Startup Digital

Ada lima poin besar yang menjadi penting untuk  dipahami oleh kami yang ingin membangun startup:

¬†1 – Don’t Start a Business, Solve a Problem
Sebagian orang berkeinginan membangun startup agar dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Padahal, sebaiknya startup dibangun atas dasar masalah yang kita hadapi lalu menciptakan sesuatu yang dapat menjadi solusinya. Apabila berfokus untuk bisnis, kita akan mudah khawatir memikirkan apakah bisnis ini menguntungkan. Sedangkan, jika bertumpu pada solusi, yang ada di kepala terus-menerus adalah apakah pekerjaan kita telah telah mampu menjadi solusi dari masalah yang memang ingin kita pecahkan. Jadi, pastikan niat kita benar dan apa yang dikerjakan tidak sia-sia.

2 – Building The Startup Mindset
Perjalanan dari mencetuskan ide, mendirikan, mengembangkan, mempertahankan, sampai dapat dibilang sukses sangat panjang dan tidak mudah. Sejalan dengan poin nomor satu, materi bukan tujuan utama. Berorientasi pada uang akan menjadikan kita mudah gelisah dan kehilangan semangat apabila tidak cepat menghasilkan atau tidak sesuai harapan. Kegagalan juga menjadi satu hal yang sangat biasa dalam ekosistem startup. Namun, kegagalan tidak diartikan sebagai sebagai sesuatu yang negatif karena dari sana, banyak pelajaran atau inspirasi yang bermanfaat. Mengutamakan kepuasan dan kebahagiaan pengguna produk/jasa kita juga menjadi prinsip yang harus ditanamkan.

3 – Collaborate to Create Innovation
Teman satu visi. Seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, menemukannya sulit sehingga ia sangat berharga. Teman dengan pola pikir dan tujuan yang sejalan, saling terbuka, dan bukan yang mau menjatuhkan atau berlomba jago-jagoan. Pastikan tim kita terdiri dari orang-orang dengan berbagai keahlian yang diperlukan dalam pengembangan startup. Selain rekan satu tim, bekerja samalah dengan pihak luar yang berkaitan dengan produk kita. Misalnya seperti Jakarta Smart City yang bekerja sama dengan pemerintah Jakarta.

4 – Coworking Space and The Future of Working
Mempertimbangakan dana yang pasti masih minim saat awal merintis, coworking space bisa menjadi salah satu alternatif. Selain fasilitas cukup lengkap yang dirancang untuk orang bekerja, bertemu orang-orang baru dengan berbagai latar belakang dapat menambah wawasan kita. Kita juga dapat berbagi ide, pengalaman, bahkan mungkin suntikan motivasi atau inspirasi yang dapat menjadi inovasi.

5 – Flourishing The Next Generation of Global Startup Founder
Meski fokus untuk solusi dari masalah yang kita temui di negara sendiri, kita juga harus aware dan update mengenai isu-isu kelas dunia dan mampu bersaing di tingkat global. Belajarlah sebanyak-banyaknya.

IMG_20160730_225438

Kesimpulannya, tahap ignition dirancang agar kami, yang katanya ingin membangun startup, tahu benar apa alasannya, mengerti tentang bagaimana cara mencapainya, dan mau gerak untuk merealisasikannya.

***

 

Thousands Stars


Tiap buka Instagram, kerjaannya ngelove foto-foto kaya gini. Penasaran banget rasanya kaya apa kalau liat langsung. Pasti keren dan seneng bukan main, mulut bakal kekunci saking terpesonanya sama ciptaan Allah yang satu ini.

Oke, sekarang gue lebih pengen tiduran di atas rumput sambil mandangin langit dengan ribuan atau jutaan bintang berjam-jam daripada naik gunung. #hopelessnaikgunung

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya). [QS Al-Hijr:16]